Minggu, 06 November 2016

Saudi Arabia Negeri Damai, Ternyata Ulamanya Mengharamkan Demonstrasi Rusuh dan Damai



Saudi Arabia Negeri Damai, Ternyata Ulamanya Mengharamkan Demonstrasi Rusuh dan Damai

Oleh : Al-Ustadz Abdul Qodir Abu Fa'izah -hafizhahullah-
==============================================

Saudi Arabia adalah negeri damai karena diterapkannya syariat Allah -Tabaroka wa Ta'ala- yang tertuang di dalam Al-Qur'an dan Sunnah.

Sekali waktu, di Saudi Arabia yang dikenal sebagai negeri DAMAI yang diterapkan padanya Al-Qur'an dan Sunnah sebagai syariat dan hukum negara, terjadi demonstrasi yang kabarnya dimotori oleh kaum hizbi dan haroki.

Para ulama sunnah di negeri Saudi Arabiah memberikan fatwa resmi sebagai pengingkaran atas perbuatan demo tersebut.

Para ulama yang tergabung dalam Hai'ah Kibar Al-Ulama' mengeluarkan fatwa resmi, berikut petikannya:

وبما أن المملكة العربية السعودية قائمة على الكتاب والسنة والبيعة ولزوم الجماعة والطاعة فإن الإصلاح والنصيحة فيها لا تكون بالمظاهرات والوسائل والأساليب التي تثير الفتن وتفرق الجماعة،

وهذا ما قرره علماء هذه البلاد قديمًا وحديثًا من تحريمها، والتحذير منها.

والهيئة إذ تؤكد على حرمة المظاهرات في هذه البلاد، فإن الأسلوب الشرعي الذي يحقق المصلحة، ولا يكون معه مفسدة، هو المناصحة وهي التي سنها النبي صلى الله عليه وسلم، وسار عليها صحابته الكرام وأتباعهم بإحسان.


"Karena Kerajaan Saudi Arabiah berdiri di atas Al-Kitab, Sunnah, bai'at, melazimi Al-Jama'ah dan ketaatan, maka sesungguhnya perbaikan dan nasihat di dalamnya tidaklah dengan AKSI DEMONSTRASI, sarana, dan cara-cara yang mengobarkan fitnah (permasalahan), dan memecah belah persatuan.

Inilah yang dinyatakan oleh para ulama negeri ini sejak dulu sampai sekarang berupa pengharaman hal itu (demo, dan aksi pemicu fitnah), dan memberikan peringatan tentang bahayanya.

Hai'ah (Lembaga Kibarul Ulama') saat memberi penekanan tentang HARAMNYA DEMONSTRASI di negeri ini, maka sesungguhnya cara syar'i yang dapat mewujudkan kemaslahatan, dan tidak ada kerusakan bersamanya adalah memberikan nasihat.
Itulah yang disunnahkan oleh Nabi -Shallallahu alaihi wa sallam- dan dijalani oleh para sahabatnya yang mulia dan pengikut-pengikut mereka dalam kebaikan."

Perhatikan para ulama kita di atas, mengharamkan demonstrasi dengan dua jenisnya (damai dan rusuh), karena ia bukan cara (uslub) yang syar'i.


Sumber Fatwa :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar