Minggu, 01 April 2018

“April Mop”, Fakta dan Hukumnya




“April Mop”, Fakta dan Hukumnya

Oleh :
Ustadz Abdul Qodir Abu Fa’izah, Lc.
–hafizhahullah-

Hari ini, kami dikagetkan dengan sebuah berita tranding topic pada “Google”  berupa peringatan “April Mop”.

Halaman dari situs resmi yang bernama “Wikipedia” menerangkan hakikat kebiasaan dan perayaan April Mop,
“April Mop, dikenal dengan April Fools' Day dalam bahasa Inggris, diperingati setiap tanggal 1 April setiap tahun. Pada hari itu, orang dianggap boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah. Hari ini ditandai dengan tipu-menipu dan lelucon lainnya terhadap keluargamusuhteman bahkan tetangga dengan tujuan mempermalukan orang-orang yang mudah ditipu [ https://id.wikipedia.org/wiki/April_Mop ]

Dari sini, jelas bagi anda bahwa kebiasaan yang ada dalam April Mop adalah kebiasaan buruk, yang membolehkan dusta pada hari itu.

Di dalam Islam, kapanpun dan dimanapun seseorang dilarang berdusta. Hukum asalnya, dusta diharamkan sepanjang tahun, bahkan sepanjang manusia masih hidup.

Karena, kedustaan itu akan membawa seseorang kepada kebiasaan buruk dan kerusakan besar yang kadang tidak diperkirakan akibatnya oleh sebagian manusia.


Rasulullah –shollallohu alaihi wa sallam- bersabda,
«إِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِي إِلَى البِرِّ، وَإِنَّ البِرَّ يَهْدِي إِلَى الجَنَّةِ، وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيَصْدُقُ حَتَّى يَكُونَ صِدِّيقًا. وَإِنَّ الكَذِبَ يَهْدِي إِلَى الفُجُورِ، وَإِنَّ الفُجُورَ يَهْدِي إِلَى النَّارِ، وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيَكْذِبُ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ كَذَّابًا»
“Sesungguhnya kejujuran membimbing kepada kebajikan dan sesungguhnya kebajikan membimbing ke surga. Sungguh seseorang benar-benar berlaku jujur sampai ia menjadi shiddiq (amat jujur). Sesungguhnya kedustaan membimbing kepada ke-fajir-an (keburukan), dan sesuangguhnya ke-fajir-an itu membimbing kepada neraka. Sesungguhnya seseorang benar-benar berdusta sampai ia ditulis di sisi Allah sebagai “kadzdzab” (tukang dusta).” [HR. Al-Bukhoriy dalam Shohih-nya (no. 6094), dan Muslim dalam Shohih-nya (no. 2607)]

Al-Imam Abu Zakariyya Yahya bin Syarof An-Nawawi rahimahullah- berkata,
قَالَ الْعُلَمَاءُ : هَذَا فِيهِ حَثٌّ عَلَى تَحَرِّي الصِّدْقِ وَهُوَ قَصْدُهُ وَالِاعْتِنَاءِ بِهِ وَعَلَى التَّحْذِيرِ مِنَ الْكَذِبِ وَالتَّسَاهُلِ فِيهِ فَإِنَّهُ إِذَا تَسَاهَلَ فِيهِ كَثُرَ مِنْهُ فَعُرِفَ بِهِ." اهـ من شرح النووي على مسلم (16/ 160)
“Para ulama berkata, “Di dalam hadits ini terdapat anjuran untuk berusaha jujur, yaitu ingin jujur, dan perhatian terhadap kejujuran, dan (juga hadits ini menunjukkan) tentang peringatan dari bahaya dusta dan bergampangan dalam berdusta. Jika seseorang bergampangan dalam dusta, maka kedustaan itu akan banyak (muncul) darinya, sehingga ia pun dikenal dengan kedustaan.” [Lihat Syarh Shohih Muslim (16/160)]

Dusta terlarang dalam Islam, baik itu sedikit atau banyak, sebagaimana halnya candaan dalam bentuk kedustaan juga dilarang dalam Islam.

Hal ini perlu kami jelaskan, karena sebagian orang menyangka bahwa dusta dalam canda adalah perkara yang boleh-boleh saja. Tentu sangkaan ini keliru!

Rasulullah –shollallohu alaihi wa sallam- pernah mengancam para pelaku kedustaan saat mereka bercanda.

Di dalam sebuah hadits, Rasulullah –shollallohu alaihi wa sallam- bersabda,
«وَيْلٌ لِلَّذِي يُحَدِّثُ فَيَكْذِبُ لِيُضْحِكَ بِهِ الْقَوْمَ، وَيْلٌ لَهُ وَيْلٌ لَهُ»
“Kecelakaan bagi orang bercerita, lalu ia dusta agar membuat manusia tertawa karenanya. Kecelakaa baginya dan kecelakaan baginya!!”   [HR. Abu Dawud dalam Sunan-nya (4990), dan At-Tirmidziy dalam Sunan-nya (2315). Di-hasan-kan oleh Syaikh Al-Albaniy dalam Shohih Al-Jami’ Ash-Shoghir (no. 7136)]

Ketahuilah bahwa kedustaan demi mengundang tawa akan membuat Allah murka. Dusta adalah sifat kaum munafikin dan orang-orang yang jauh dari kebaikan.

Al-Imam Ibrahim bin Yazid An-Nakho’iy –rahimahullah- berkata,
إِنَّ الرَّجُلَ لَيَتَكَلَّمُ بِكَلِمَةٍ لِيُضْحِكَ بِهَا مَنْ حَوْلَهُ، فَيَسْخَطُ اللَّهُ بِهَا فَيُصِيبُهُ السَّخَطُ، فَيَعُمُّ مَنْ حَوْلَهُ.
وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيَتَكَلَّمُ بِكَلِمَةٍ يُرْضِي اللَّهَ بِهَا، فَتُصِيبُهُ الرَّحْمَةُ، فَتَعُمُّ مَنْ حَوْلَهُ." اهـ من تنبيه الغافلين بأحاديث سيد الأنبياء والمرسلين للسمرقندي (ص: 201)
“Sesungguhnya seseorang benar-benar mengucapkan kalimat demi membuat orang-orang yang ada di sekitarnya jadi tertawa, sehingga membuat Allah murkanya, lalu orang itu tertimpa murka-Nya, lalu kemurkaan-Nya menimpa orang-orang yang ada di sekitarnya.
Sesungguhnya seseorang mengucpkan kalimat yang membuat Allah ridho karenanya, sehingga ia pun dirahmati, lalu orang-orang yang ada di sekitarnya mendapatkan rahmat-Nya.” [Lihat Tanbihul Ghofilin (hlm. 201), karya Abul Laits As-Samarqondiy]

Di dalam hadits ini, Rasulullah –shollallohu alaihi wa sallam- mengulang-ulangi kalimat “kecelakaan baginya”, sebanyak tiga dalam mengingatkan tentang besarnya bahaya kedustaan bagi pelakunya dan masyarakat yang ada di sekitarnya.

Betapa seringnya kita mendengarkan peperangan yang terjadi karena dilatari oleh kedustaan.

Rusaknya hubungan antara seseorang dengan keluarga atau temannya, sering kali disebabkan oleh berita-berita dusta dan desas-desus bohong.

Seringkali terjadi kecelakaan tabrakan dan semisalnya, ternyata kabar dusta yang menyebabkannya tergesa-gesa berangkat ke suatu tempat, karena sebelumnya ia mendengarkan sebuah berita dusta!

Banyak orang yang ketakutan setelah mendengarkan berita hoax dan rasa takutnya tidaklah hilang serta selalu menghantui dirinya.

Nabi –shollallohu alaihi wa sallam- bersabda,
لاَ يَأْخُذْ أَحَدُكُمْ عَصَا أَخِيهِ لاَعِبًا أَوْ جَادًّا، فَمَنْ أَخَذَ عَصَا أَخِيهِ فَلْيَرُدَّهَا إِلَيْهِ.
“Janganlah salah seorang diantara kalian mengambil tongkat saudaranya dalam keadaan bercanda, ataukah sungguhan. Siapa yang mengambilnya, maka hendaknya ia mengembalikannya kepada pemiliknya.” [HR. At-Tirmidziy dalam Sunan-nya (2160), dan Syaikh Al-Albaniy menilai hadits ini adalah hadits hasan di dalam Irwa’ul Gholil (no. 1518)

Kenapa Nabi –shollallohu alaihi wa sallam- melarang seseorang iseng dan berkelakar dalam mengambil dan menyembunyikan tongkat saudaranya.

Karena, hal itu akan membuatnya sedih, dan kesusahan. Sebab, terkadang sebuah tongkat amat bernilai bagi sebagian orang, khususnya bagi mereka yang tua dan sudah kerepotan dalam berjalan, atau mungkin ia adalah seorang pengembala yang membutuhkan tongkat yang ia gunakan untuk menghalau gembalaannya, atau untuk mengangkat air untuk gembalaan dan keluarganya.

Mungkin tongkat adalah harta yang tidak terlalu bernilai dalam pandangan sebagian orang diantara kita, namun ternyata Nabi –shollallohu alaihi wa sallam- tetap melarang umatnya untuk mengambil atau menyembunyikan tongkat milik saudaranya.

Abdur Rahman bin Abi Laila berkata,
"حَدَّثَنَا أَصْحَابُ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، أَنَّهُمْ كَانُوا يَسِيرُونَ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَنَامَ رَجُلٌ مِنْهُمْ، فَانْطَلَقَ بَعْضُهُمْ إِلَى حَبْلٍ مَعَهُ فَأَخَذَهُ، فَفَزِعَ، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «لَا يَحِلُّ لِمُسْلِمٍ أَنْ يُرَوِّعَ مُسْلِمًا»".
“Sebagian sahabatnya Nabi Muhammad –shollallohu alaihi wa sallam- menceritakan kepada kami bahwa mereka pernah melakukan perjalanan bersama Nabi –shollallohu alaihi wa sallam- .
Kemudian tidurlah salah seorang diantara mereka, lalu pergilah salah seorang diantara mereka kepada tali yang bersamanya, seraya ia mengambil tali (milik teman)nya, sehingga temannya ketakutan.
Karena itu, Rasulullah –shollallohu alaihi wa sallam-  bersabda,
“Tidak halal bagi seorang muslim untuk menakut-nakuti muslim yang lainnya.”  
[HR. Abu Dawud dalam Sunan-nya (no. 5004) dan At-Tirmidziy dalam Sunan-nya (no. ). Hadits ini dinyatakan shohih oleh Syaikh Al-Albaniy dalam Ghoyatul Marom (no. 447)]

Perhatikanlah peringatan Nabi –shollallohu alaihi wa sallam- di atas! Begitu marahnya beliau melihat ada sebagian orang yang iseng kepada saudaranya, sehingga ia pun ketakutan.

Nah, bagaimana pandangan kalian dengan segala macam keisengan dan kedustaan yang dilakukan oleh para pelaku yang terlibat dalam kegiatan “April Mop” yang membuat banyak pihak ketakutan, sedih, benci dan resah akibat kedustaan yang mereka halalkan pada hari 1 April yang dikenal dengan “April Mop”?!

Ketika syariat melarang sesuatu berupa kedustaan dan lelucon atau berbuat, maka ketahuilah bahwa di balik hal itu akan terjadi kerugian dan bahaya serta hal-hal negative.

Beberapa kejadian dan fakta telah terjadi, karena pengaruh dari kejahilan dan lelucon para pegiat “April Mop”.

Kali ini kami akan menukilkan sebagian dampak negatif April Mop yang berujung bahaya, kematian dan kerugian, serta keresahan, dan berikut fakta-faktanya :

Fakta Pertama :
“Di daerah-daerah tertentu di Belgia anak-anak menunjukkan sisi keras kepala mereka dengan mengunci orang tua dan guru mereka di luar rumah atau kelas.”

Artikel ini telah tayang di tribun-timur.com dengan judul  “Daftar 10 Fakta April Mop, Nomor 6 Ternyata Berakhir Tragis Sebab 156 Penduduk Tewas”, 
Fakta Kedua :
“Pada 1 April 1946, gempa bumi dan tsunami dahsyat melanda Hawaii dan menewaskan 165 orang penduduk.
Sebagian besar orang yang tewas diakibatkan oleh ketidakpercayaan mereka terhadap peringatan cuaca dan mengira itu hanyalah tipuan April Mop.

Artikel ini telah tayang di tribun-timur.com dengan judul Daftar 10 Fakta April Mop, Nomor 6 Ternyata Berakhir Tragis Sebab 156 Penduduk Tewas, http://makassar.tribunnews.com/2018/04/01/daftar-10-fakta-april-mop-nomor-6-ternyata-berakhir-tragis-sebab-156-penduduk-tewas?page=3.

Mereka tidak mempersiapkan diri dalam menyelamatkan diri mereka pada hari itu, karena mereka menyangka bahwa media membohongi mereka, karena peristiwa itu terjadi pada 1 April, yang mereka yakini sebagai hari berbohong sedunia!


Fakta Ketiga :
“Dalam persidangan November 2013 lalu, Lin mengaku meracuni teman sekamarnya di asrama Fudan University  sebagai bagian lelucon April Mop. Korbannya, Huang Yang meminum air beracun itu pada 1 April, nyawanya melayang pada 16 April.

Pengadilan tak menerima dalih Lin dan menjatuhkan hukuman mati pada terpidana.

"Terdakwa Lin Senhao melakukan pembunuhan yang disengaja dengan modus meracuni karena hal sepele. Metode tersebut kejam, merugikan masyarakat, sebuah tindakan kriminal yang serius," kata pengadilan dalam pernyataannya.”
http://www.liputan6.com/global/read/831057/april-mop-berujung-maut-calon-dokter-di-china-divonis-mati

Fakta Keempat :
“Sebuah media cetak Yordania bernama Al Ghad sempat ikut berpartisipasi dalam perayaan April Mop di tahun 2010. Al Ghad membuat sebuah artikel tipuan yang memberitakan tentang munculnya sebuah ufo yang mendarat di kota Jafr, Yordania pada tanggal 1 April. Media tersebut juga menjelaskan sosok 3 makhluk aneh setinggi 3 meter yang keluar dari ufo yang telah mendarat.
Bukannya dianggap lucu, berita hoax ini dilaporkan menimbulkan kepanikan yang hebat di kota tersebut, mulai dari banyak sekolah yang ditutup karena para orangtua tidak mengizinkan anaknya untuk keluar rumah, hingga para penduduk yang memutuskan untuk mengungsi karena panik. Walikota Jafr, Mohammad Mleihan juga menanggapi berita tipuan tersebut dengan serius. Beliau mempersiapkan petugas keamanan untuk mengevakuasi 13.000 penduduk kotanya.
Pada akhirnya, media cetak tersebut mengeluarkan permintaan maaf secara resmi dan mengklarifikasi berita yang telah dirilis hanyalah prank April Mop. Sang walikota tidak menganggap hal ini sebagai hal yang lucu dan menuntut perusahaan media cetak Al Ghad karena telah menyebabkan kekacauan yang hebat di kotanya.

Fakta Kelima :
“Prank (sikap iseng, -pen.) yang dilakukan antara teman kerja menjadi hal yang biasa terjadi. Tetapi prank yang dilakukan terhadap seorang cowok bernama Glenn Howlett ini sudah melewati batas. Glenn bekerja di pemerintahan kota London sedang mengambil waktu cuti untuk berlibur pada akhir Maret. Ketika sedang santai di tempat liburannya, Glenn tiba-tiba mendapat sebuah email dari rekan kerjanya yang mengatakan ada sebuah proyek besar yang harus segera diselesaikan dengan deadline tanggal 1 April. Membaca kabar ini, Glenn tidak curiga sama sekali dan langsung memutuskan meninggalkan liburannya untuk menyelesaikan pekerjaannya. Akibat memaksakan diri untuk bekerja mengejar deadline, Glenn mengalami kelelahan dan stress hebat. Hal ini menyebabkan peningkatan detak jantung yang lebih kencang dari biasanya hingga akhirnya ia tumbang dan harus dirawat di rumah sakit.
Meskipun akhirnya Glenn berhasil sembuh secara total, prank yang disiapkan oleh rekan-rekan kerjanya ini memberikan dampak mental pada dirinya. Glenn memutuskan untuk meninggalkan pekerjaannya dan mengambil pensiun dini setelah mengetahui bahwa ini semua hanyalah sebuah prank. Ia juga menuntut rekan kerja dan atasannya karena dampak emosional yang telah disebabkan akibat prank April Mop tersebut.”

Fakta Keenam :

“Pada tahun 2015, kelompok mahasiswi dari Universitas Grand Valley Michigan, Amerika Serikat mempersiapkan beberapa kembang api untuk melakukan prank terhadap teman asramanya. Salah satu siswi menyalakan sebuah kembang api di dalam ruangan yang mengenai tumpukan pakaian kotor dan menimbulkan kebakaran pada gedung asrama tersebut.
Setelah terjadi api yang cukup besar, petugas pemadam kebakaran segera mengevakuasi dan memadamkan api sebelum merambat. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, tetapi beberapa siswi harus dirawat karena terlalu banyak menghirup asap. Siswi yang melempar kembang api tersebut tidak menerima tuntutan hukum. Ia mendapatkan peringatan dari universitas dan dikenakan denda untuk mengganti kerusakan gedung asrama.”

Fakta Ketujuh :

“Pada tahun 2004, Randy Wood melakukan sebuah prank terhadap mantan istrinya. Randy mengirimkan pesan pada mantan istrinya untuk bertemu di sebuah tempat. Di tempat tersebut, Randy memepersiapkan sebuah tipuan di sebuah pohon untuk menampilkan dirinya yang seolah-olah telah menggantung dirinya.
Ketika sang mantan istri menemukan Randy dalam keadaan tergantung, dengan panik ia menghubungi ambulans, polisi, dan petugas pemadam kebakaran yang segera datang untuk menyelamatkan Randy. Setelah mengetahui bahwa hal tersebut hanyalah keusilan April Mop, Randy ditangkap dan dikenakan denda sebesar 1000 dolar Amerika Serikat.” https://www.famous.id/video/discover/5-insiden-fatal-yang-disebabkan-oleh-prank-april-mop-170331m.html

Demikianlah fakta dan realita dari akibat dari adanya perayaan “April Mop” yang dipenuhi kebohongan, keusilan, kejahilan, dan aksi konyol yang tidak terpuji menurut pandangan agama, dan akal sehat manusia!

Tidak tertutup kemungkinan perayaan April Mop ini, bisa jadi akan terus ditunggangi oleh Syaithon dalam menggelincirkan manusia ke dalam lembah kesesatan, kesyirikan dan kekafiran.

Bisa jadi akan ada orang Islam yang akan bersujud di depan berhala, karena beralasan iseng di Hari April Mop!

Ada kemungkinan, akan muncul sebagian orang yang akan membunuh saudaranya, dengan berdalih prank (keisengan) di Hari April Mop!

Tidak tertutup kemungkinan, ada yang menyatakan dirinya murtad, keluar dari Islam, karena alasan iseng di Hari April Mop!

Mungkin saja, akan ada orang yang mencuri atau berzina, dengan alasan ingin memberi kejutan di Hari April Mop.

Jika pintu keisengan dan kebohongan ini terus dipelihara, dengan terus merayakan Hari April Mop, maka boleh jadi akan muncul keisengan dan kebohongan yang akan mewarnai dunia ini. Akhirnya, tidak lagi yang dapat dipercaya!

Mungkin ada yang berkilah, “Bohong-bohongan dan isengnya, kan hanya satu kali dalam setahun”.

Kami katakan bahwa sebuah keburukan bila terus dibiasakan setiap tahun dalam sepanjang hidup kita, maka bisa jadi satu kebohongan akan mewarnai dan merusak kehidupan kita, sebagaimana halnya satu batang korek api jika dipakai membakar secarik kain, maka boleh jadi kain-kain yang lain akan ikut terbaka!

Demikianlah satu kebohongan dan keisengan akan mempengaruhi diri kita dan orang lain di sekitar kita, bahkan boleh jadi manusia di seluruh dunia!

Seorang mukmin ketika hendak berbuat atau berbicara, maka hendaknya ia memikirkan akibat dan kerusakan yang akan timbul darinya.

Jika seseorang mengucapkan sebuah ucapan yang baik dan jujur –misalnya-, namun mengakibatkan kerusakan, kerugian, ketakutan dan kesedihan manusia, maka hendaknya ia menghindari ucapan itu, walaupun asalnya baik.

Nah, apalagi kalau memang ucapan itu adalah kebohongan, dan pastinya akan menciptakan kerusakan di tengah manusia, seperti apa yang kita lihat pada kebiasaan para penggemar “April Mop”.

Inilah yang pernah diingatkan oleh Nabi –shollallohu alaihi wa sallam- dalam sebuah sabdanya,
«إِنَّ العَبْدَ لَيَتَكَلَّمُ بِالكَلِمَةِ، مَا يَتَبَيَّنُ فِيهَا، يَزِلُّ بِهَا فِي النَّارِ أَبْعَدَ مَا بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ»
“Sesungguhnya seorang hamba benar-benar mengucapkan suatu ucapan, sedang ia tidak mengecek (kebenaran dan akibatnya,-pent.) pada kalimat itu. Dengan sebab kalimat itu, ia tergelincir ke dalam neraka sejauh timur dan barat.” [HR. Al-Bukhoriy dalam Shohih-nya (6477), dan Muslim dalam Shohih-nya (2988)]

Dijelaskan oleh Badruddin Al-Ainiy –rahimahullah- di dalam kitabnya yang berjudul “Umdatul Qori” (jld. 23, hlm. 72),
"قَوْله: (مَا يتَبَيَّن فِيهَا) أَي: لَا يتدبر فِيهَا وَلَا يتفكر فِي قبحها وَمَا يَتَرَتَّب عَلَيْهَا." اهـ من عمدة القاري شرح صحيح البخاري (23/ 72)
“Sabda beliau, “…sedang ia tidak mengecek pada kalimat itu…,” maksudnya : ia tidak merenungi kalimat itu dan tidak pula memikirkan keburukannya serta sesuatu terlahir padanya.”

Betapa mengerikannya akibat ucapan lisan, manusia dibuang ke dalam neraka Jahannam. Na’udzu billahi min dzalik.

Hukuman seberat ini Allah berikan kepada mereka yang tidak bisa menjaga lisannya dari ucapan-ucapan yang tidak membawa manfaat, bahkan melahirkan malapetaka dunia atau siksaan akhirat!

Oleh karena itu, hendaknya seorang mukmin selalu mendidik lisannya agar mengucapkan hal-hal yang bermanfaat baginya di akhirat atau minimal bermanfaat bagi kehidupan dunia kita.

Lisan yang merupakan sekerat daging, hendaknya kita bekali dan hiasi dengan akhlak-akhlak mulia, seperti : kejujuran, amanah, dan kebaikan, sebagaimana halnya kita biasakan lisan kita menjauhi ucapan-ucapan buruk, entah ucapan itu mubah, namun hasilnya buruk, ataukah ucapan itu memang haram, seperti : dusta, khianat, adu domba, memfitnah, ghibah, dan lainnya.

Akhlak merupakan modal yang terbesar bagi seorang hamba untuk meraih kebaikan dan kedudukan yang tinggi di sisi Allah -tabaraka wa ta'ala-.

Siapa yang ingin diberikan posisi yang tinggi Maka hendaknya ia menghiasi dirinya di dunia dengan akhlak yang baik, serta bersabar di dalam menjaga dan memelihara akhlak baiknya, agar kelak ia mendapatkan posisi yang termulia di sisi Allah -tabaraka wa ta'ala-.

Inilah yang pernah diingatkan oleh Rasulullah -Shallallahu Alaihi Wasallam- di dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Al-Imam Abu Dawud As-Sijistaniy di dalam Sunan-nya (no. 4.800) dari sahabat Abu Umamah Al-Bahiliy -radiyallahu anhu-, beliau berkata, 
“Rasulullah -Shallallahu Alaihi Wasallam- pernah bersabda,
«أَنَا زَعِيمٌ بِبَيْتٍ فِي رَبَضِ الْجَنَّةِ لِمَنْ تَرَكَ الْمِرَاءَ وَإِنْ كَانَ مُحِقًّا، وَبِبَيْتٍ فِي وَسَطِ الْجَنَّةِ لِمَنْ تَرَكَ الْكَذِبَ وَإِنْ كَانَ مَازِحًا وَبِبَيْتٍ فِي أَعْلَى الْجَنَّةِ لِمَنْ حَسَّنَ خُلُقَهُ»
Aku adalah penjamin untuk sebuah rumah di pinggiran surga bagi orang yang meninggalkan perdebatan, walaupun ia berada pada pihak yang benar, (aku adalah penjamin) untuk sebuah rumah di tengah surga bagi orang yang meninggalkan kedustaan, walaupun ia bercanda, dan (aku adalah penjamin) untuk surga yang tertinggi bagi orang yang memperindah (memperbaiki) akhlaknya.”

Hadits ini di-hasan-kan oleh Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albaniy –rahimahullah- di dalam kitabnya yang berjudul “Shahih At-Targhib”  (no. 2648).

Para pembaca yang budiman, hadits ini menunjukkan kepada kita tentang kedudukan yang tinggi bagi mereka yang berusaha dan bersabar dalam memperbaiki atau memperindah akhlak dan kelakuannya ketika di dunia.

Balasan besar yang seperti ini tidaklah akan Allah berikan kepada seorang hamba, kecuali karena pengorbanan dan kesabarannya dalam mendidik dirinya di atas akhlak karimah (akhlak yang mulia).

Hadits ini menunjukkan kepada kita tentang keutamaan akhlak yang baik.

Seorang ulama kita yang bernama Syaikh Faishal Al Mubarokrahimahullah- pernah berkata di dalam sebuah kitab nya yang berjudul “Tathriz Riyadush Sholihin” (hlm. 412),
“Di dalam hadits ini, terdapat anjuran untuk meninggalkan perdebatan. Di dalam sebagian atsar dikatakan,
“Apabila Allah menginginkan kebaikan bagi seorang hamba, maka Allah bukakan baginya pintu ilmu dan Allah tutup darinya pintu perdebatan. Apabila Allah menginginkan keburukan bagi seorang hamba, maka Allah bukakan baginya pintu perdebatan dan Allah tutup darinya pintu ilmu. Di dalam hadits ini juga terdapat anjuran untuk berhias diri dengan akhlak yang baik, serta meninggalkan kedustaan.”

Demikianlah Rasulullah -Shallallahu Alaihi Wasallam- memberikan panduan bagi umatnya untuk senantiasa menjadi orang-orang yang baik akhlaknya dan selalu berusaha memperbaiki akhlaknya.

Memang memperbaiki akhlak membutuhkan kesungguhan dan kesabaran, bukan hanya sehari-dua hari, bahkan berhari-hari, atau berpekan-pekan, berbulan-bulan, bahkan mungkin bertahun-tahun sampai kita meninggal dunia.

Kita didik dan biasakan diri kita ini untuk senantiasa berada di atas akhlak yang baik.

Apabila seorang hamba di atas perkara yang seperti ini (yakni selalu memelihara akhlaknya) pada ucapan dan perbuatannya, maka yakin -insya Allah- tidak ada yang dia dapatkan, kecuali surga yang tertinggi di sisi Allah -tabaraka wa ta'ala-.

Terakhir, kami perlu ingatkan juga bahwa menjadikan tanggal 1 Maret, sebagai “Hari April Mop” yang selalu dikenang, diperingati dan dirayakan tiap tahun adalah perkara tercela dan bid’ah dalam agama. Di dalam Islam, hari raya kita Cuma dua : Hari Raya Idul Fitri, dan Idul Adh-ha.

Kesimpulan
Para pembaca yang budiman, sebagai penutup, maka kami akan merangkum beberapa buah perkara yang menjadi kesimpulan bagi pembahasan “April Mop” :
1.   Kebiasaan berbohong alias dusta adalah perbuatan yang diharamkan dalam Islam, baik dalam kondisi sungguhan, ataukah bercanda atau melucon.
2.   Melakukan sikap jahil dan iseng juga termasuk perkara yang terlarang dalam Islam.
3.   Membuat isu yang melahirkan kecemasan, ketakutan, dan kesedihan di antara manusia adalah perkara yang tercela dan dilarang oleh Nabi –alaihish sholatu was salam-.
4.   Nyata dari banyak fakta (sebagai contoh beberapa fakta yg telah kami sebutkan) bahwa kedustaan dan prank (sikap iseng dan jahil) di Hari April Mop tidaklah mencerminkan pribadi muslim yang selalu menciptakan kedamaian dan membangun kehidupan di atas kejujuran!
5.   Perlunya seorang muslim untuk kembali kepada ajaran-ajaran Islam yang menuntun manusia kepada jalan hidup yang lurus berupa kejujuran dan jauh dari sikap dusta dan iseng. Karena, kedustaan dan keisengan sering kali melahirkan hal-hal negatif.
6.   Memperingati Hari April Mop adalah bid’ah yang wajib dijauhi sebagaimana yang diperintahkan oleh Nabi –alaihish sholatu was salam-

===================================================
وآخر دعوانا أن الحمد لله بر العالمين وصلى الله على نبيينا وآله وأصحابه أجمعين،
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد أن لا إله إلا أنت أستغفرك وأتوب إليك
===================================================

 DUKUNG KAMI


Dalam membantu pembangunan 
MASJID DAR AL-FALAH
milik Ahlus Sunnah Pampang, Makassar.

"Siapa yg membangun sebuah masjid karena Allah, maka Allah akan bangunkan istana baginya di surga".
[HR. Al-Bukhori & Muslim]

# Bagi anda yang ingin membangun istananya di surga, silakan kirim sebagian rezki anda melalui :

Rekening BANK MANDIRI
atas nama
Yayasan Dar Al Falah
No. Rekening : 1740000532291

atau 

Rekening BANK MANDIRI SYARIAH 
atas nama
Yayasan Dar Al Falah

No. Rekening : 7115_1587_18

Kontak Person :

PANITIA PEMBANGUNAN
0821-9065-5492
(Muhammad)

Jazakumullohu khoiron atas sumbangsih dan doanya.



NB :
Lokasi Masjid Dar Al-Falah Jln. Pampang 4, Belakang Rusun Mahasiswa UMI, Makassar


#April_Mop #1_April #April_Fools_Day #Dusta_Iseng_Prank_Canda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar